Search

21 Mindfulness Mindset Untuk 2021

Tahun 2021 tinggal sebentar lagi, begitu banyak yang terjadi tidak terduga di tahun 2020 ini. Bukan suatu hal yang mudah untuk kita semua menghadapinya, tapi percayalah selalu ada makna tersembunyi di balik semua kejadian yang terjadi. Semua dikembalikan kepada bagaimana cara kita melihatnya...


Di 2021 masih ada sesuatu yang kita tidak boleh anggap remeh yaitu pandemic yang mungkin belum usai, namun jangan sampai kita kehilangan kesadaran bahwa segala sesuatu nya akan kita kembalikan selalu kepada Sang Pencipta. Apapun yang menjadi kehendak-Nya maka akan terjadilah dan begitulah sebaliknya...Maka selalu ingat akan kebesaran dan rasa syukur yang maksimal adalah suatu kemutlakan dalam kita menjalankan tahun depan, dengan harapan untuk lebih nyaman dan tenang dalam mengarungi segala tantangan dan berkah yang akan datang...


  1. Menjaga imun tubuh adalah suatu hal yang penting di tahun 2021 karena dengan kesehatan kita akan mampu untuk beraktivitas dengan baik. Ingatlah selalu semua penyakit fisik pada umumnya sering terjadi dikarenakan mental dan emosional kita yang terganggu, maka menjaga pikiran untuk selalu dalam area pikiran positif adalah penting. Bukan berarti kita tidak boleh sama sekali berpikiran negatif, namun ketika pikiran itu hadir, sadarilah dan kembangkanlah kemampuan kita untuk bisa melihat hal tersebut dari arah sebaliknya.

  2. Berlatih nafas, menyadari pentingnya nafas sebagai awal dari segala kehidupan dan bagaimana oksigen yang memberikan makna luar biasa dalam hidup kita. Oksigen membuat kita mampu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga imun tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh. Selain itu dengan melatih nafas kita menjaga kedekatan kita dengan diri kita yang paling dalam.

  3. Jangan lupa jeda sejenak dari segala aktivitas kita, jeda lah ketika kita memang merasa semuanya terasa begitu melelahkan, mulai dekatkan diri kita pada diri kita dan melatih nafas. Jeda akan membuat kita lebih mampu melihat apa yang seharusnya kita lakukan dengan baik di 2021.

  4. Menulis apa yang kita impikan adalah langkah awal kita untuk lebih mampu menata 2021 dengan lebih terarah, percayakah bahwa ketika kita menuliskan dan membacanya setiap waktu, alam bawah sadar dan semesta akan membawa kita mewujudkannya dengan lebih cepat. Keberadaan law of attraction akan semakin kuat di tahun depan.

  5. Sadarilah diri ketika membutuhkan bantuan manusia lain, jangan selalu merasa diri kuat luar biasa, ada kalanya si kuat pun membutuhkan bantuan. Bisa hanya dengan berbagi kisah dengan manusia yang kita percaya akan memberikan kita kelegaan dan kekuatan tambahan dalam menghadapi masalah yang ada. Kita bukan manusia super.

  6. Mulai mengamati hal-hal kecil di sekitar kita dan mensyukurinya dengan sadar seutuhnya, mulailah dengan mengamati apa yang kita makan dan menyadari benar apa rasanya. Melatih teknik sederhana ini akan membantu fokus kita menjadi lebih baik.

  7. Dengarkanlah hal baik lebih banyak daripada hal negatif. Mulailah melakukan social media detox paling tidak 1x dalam satu bulan. Setidaknya pada saat itu kita bisa mulai membaca buku atau artikel yang memang membawa pesan positif pada diri kita.

  8. Jangan pernah lupa berbagi, di tahun 2021, kekuatan energi semesta akan terasa lebih kuat dengan adanya pergantian jumlah manusia yang datang dan pergi. Maka kekuatan energi berbagi akan meningkat, berikan yang sesuai dengan kemampuan kita. Ingat baik baik bahwa bukan hanya uang yang bisa kita berikan, sedikit waktu untuk manusia yang membutuhkan akan berbalas sesuatu yang luar biasa.

  9. Ketika ada peluang baru yang datang, jangan memulai dengan pikiran negatif, nanti kalau gagal bagaimana? selalu melihat dari sisi positifnya terlebih dahulu. Jikalau dalam keadaan tenang kita tidak bisa melihat hal positif di dalamnya, maka kita bisa menolaknya. Namun selalu latih keterbukaan pikiran kita pada peluang baru, di tahun 2021 terlalu banyak hal yang tak akan sama lagi dijalankan.

  10. Mulai lebih sering mengungkapkan rasa yang kita miliki untuk manusia manusia tercinta kita, sebuah kata I Love You akan sangat bermakna untuk yang membutuhkannya, kita terkadang hanya tidak menyadarinya dengan baik. Buang ego dan perlahan membuka diri. Kata lain yang powerful di 2021 adalah I am Sorry dan Thank You.

  11. Kembalilah pada yang Satu, apapun yang dianut semua akan kembali pada Nya. Di Tahun depan dengan melakukan ini kita akan lebih menyadari dampak sebuah kekuatan doa. Ia tak akan berhenti untuk menyayangi kita karena Ia tak pernah meninggalkan kita. Kita yang seringkali alpa.

  12. Olahraga sederhana akan menjadi penting karena aktivitas yang terbatas, mulailah melakukan olahraga sederhana seperti push up, sit up atau plank dan terus berlatih nafas. Tubuh ini tetap butuh stretching walau kita tak banyak bisa bergerak.

  13. Bangun lebih pagi dan tidur lebih awal, kalau tidak bisa dilakukan setiap hari mulailah melakukan ini paling tidak 2 hari dalam satu minggu. Kekuatan energi matahari akan berdampak positif untuk kita dan energi bulan selalu akan melindungi kita ketika dalam keadaan tertidur.

  14. Perkuat afirmasi saya mencintai diri saya apa adanya dengan melakukan meditasi self love paling tidak satu kali dalam satu minggu. Karena ketika alam bawah sadar kita mendengarnya, tubuh kita akan bereaksi positif pada hal ini, sehingga membantu kita untuk menyehatkan badan dan pikiran kita.

  15. Untuk yang pernah terluka dalam perjalanan hidup, di tahun depan adalah saatnya kembali pada diri sendiri. Bukan hal mudah memang memaafkan atau membuat pikiran itu tidak hadir lagi dalam hidup kita, tapi terus perkuat bahwa ketika berpikir tentang hal itu terus menerus, berapa banyak waktu kita yang akan terbuang dan berapa banyak energi negatif yang harus kita serap. Dalam perjalanan hidup saya, saya pernah membuktikan hal ini, dimana saya sibuk memikirkan manusia tersebut, manusia tersebut tetap sedang minum kopi dengan nyamannya. Sungguh saya merasa tidak berguna saat itu :)

  16. Mulai melakukan hal sederhana yang juga berkaitan dengan bagaimana kita menjaga kestabilan finansial dalam hidup kita di tahun yang ups and downs nya mungkin masih ada, terapkan hal ini. Setiap membeli satu barang, keluarkan atau berikan barang lama sejenis untuk yang membutuhkan. Selain menjadi berkah, kita pun belajar letting go.

  17. Untuk yang suka melakukan investasi, dimana hal ini juga penting selalu melihat tempat kita berinvestasi adalah tempat yang bisa memberikan manfaat untuk manusia lain. Kemungkinan besar investasi kita akan lebih berkembang. Untuk sementara waktu jangan pikirkan manusia yang menjalankannya, mungkin saja sedikit berbeda haluan, namun ketika kita berinvestasi di tempat yang bermanfaat semuanya akan kembali pada kita.

  18. Latih setiap cakra utama dalam diri kita agar kita bisa lebih tenang dan nyaman untuk menjaga kesehatan pikiran dan mental kita. Cakra utama tersebut akan membantu kita setiap waktunya, lakukan meditasi sederhana dengan membangun cahaya setiap titik chakra menjadi lebih jelas dan terang.

  19. Pegang teguh prinsip ini, berpikir, berbicara dan berperilaku baik setiap waktunya dengan siapapun yang kita temui dalam hidup ini. Ketika ada manusia lain yang membuat kita emosi, kembalilah pada prinsip ini. Ada baiknya tak bersuara daripada kita menabur benih negatif. Bukan tanggung jawab kita mereka menjadi negatif, urusan mereka dan semesta bukan urusan kita. Tapi yang terpenting kita selalu menjaga diri dengan sebaik baiknya.

  20. Teknik ini adalah teknik sederhana yang bisa digunakan oleh teman-teman, jikalau manusia yang memberikan dampak negatif masih berada di sekitar kita setiap harinya. Ketika bertemu atau berbicara dengan nya, katakan ini dalam hati, "saya memaafkan kamu untuk saya bisa lebih merasakan indahnya hidup."

  21. Usahakan setiap energi negatif atau amarah yang terjadi hanya bertahan 24 jam saja, kita bisa melakukan latihan nafas, meditasi atau berbicara dengan teman baik untuk mengeluarkan apa yang dirasakan tidak nyaman. Sebisa mungkin jangan membiarkan diri kita dalam kondisi negatif lebih dari 24 jam.


Semoga bisa terus ber-proses dan menjalani hari dalam setiap waktunya

Semangat dan selalu ingat bahwa hidup ini begitu berharga...

Selamat menyongsong 2021....


153 views0 comments

Recent Posts

See All

©2020 by roemahbahagia