Search

3 Cara Nyaman Bertemu Manusia Tidak Menyenangkan


Dalam kehidupan kita, seringkali dihadapkan dengan manusia-manusia lain yang mungkin tidak menyenangkan, pernah melukai kita atau membuat kita menjadi tidak nyaman ketika bertemu dengan mereka. Hal ini adalah hal yang wajar karena memang demikianlah hidup di bumi ini...


Beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan agar kita bisa mengurangi rasa tidak nyaman dan tidak emosi ketika bertemu, sahabat bahagia bisa menggunakan beberapa cara sederhana ini, mari kita mulai bersama...

  • Setiap hari dalam kehidupan kita, sadarilah dan belajarlah untuk menerima bahwa semua manusia hadir di bumi ini datang dengan warnanya masing-masing, hadir dengan latar belakang yang berbeda dan tentunya dengan luka yang tidak sama. Sadarilah benar bahwa ketika ada manusia yang tidak menyenangkan, sering menyinggung perasaan atau menyakiti, mereka pun sedang berjuang dengan luka mereka yang masih dirasakan hingga saat ini. Luka tersebut lah yang pada akhirnya membuat mereka melampiaskan pada manusia lain di sekitar mereka. Sadarilah bahwa ini adalah perjalanan mereka berjuang, sama seperti kita pun sedang berjuang untuk luka di dalam diri kita yang mungkin belum usai berdamai. Dengan menyadari hal ini ada setitik harapan di hati kita untuk terus menyelami dan memahami sehingga apapun yang dilakukan oleh manusia tidak menyenangkan itu menjadi lebih mudah dimengerti.


  • Ketika bertemu dengan manusia yang tidak menyenangkan, fokuskanlah pikiran dan rasa kita pada nafas kita. Tarik dan hembuskan nafas sesuai dengan ritme yang nyaman untuk kita. Nafas yang teratur dan tenang akan memberikan kekuatan dalam diri kita untuk lebih fokus pada diri kita, fokus pada rasa nyaman dalam diri kita dan fokus pada tujuan hidup kita. Apapun yang mereka lakukan di hadapan kita akan lebih mudah kita tiadakan di pandangan dan hati kita karena kita fokus pada diri kita. Bukan hal yang mudah memang, tetapi dengan melatihnya setiap saat, sahabat akan merasakan perbedaannya. Semua nya akan kita fokuskan pada ketenangan dan kenyamanan diri kita sendiri. Karena mencintai diri ini jauh lebih penting dibandingkan dengan memperhatikan hal tidak menyenangkan yang dilakukan oleh manusia lain.


  • Ketika bertemu dengan manusia yang tidak menyenangkan berusahalah tersenyum untuk diri sendiri dan bukan untuk mereka. Tersenyumlah dengan tulus untuk mensyukuri hidup ini dengan apa adanya, mungkin mereka akan bingung mengapa kita tersenyum padahal ada perkataan atau tindakan yang tidak menyenangkan dari mereka, tapi itu bukanlah fokus dalam hidup kita yang hanya sekali ini. Tersenyum akan membangkitkan energi yang kuat dalam diri kita untuk lebih mampu menikmati dan menjalani segala dinamika yang kita temukan dalam hidup ini. Ketika merasa tidak nyaman jika harus tersenyum dengan jelas, pastikan kita tersenyum dalam hati kita dan fokuskanlah pikiran kita untuk mengingat hal-hal yang perlu kita syukuri dalam hidup. Ini sebuah teknik sederhana untuk mengembalikan fokus kita dan melindungi hati kita dari tambahan luka yang mungkin saja karena kita membiarkan hal tersebut terjadi dalam hidup kita yang berharga ini.

Semoga 3 langkah sederhana ini bisa membantu sahabat untuk bisa lebih menikmati dan menjalani hari dengan penuh rasa syukur dan nyaman. Bukan hal yang mudah untuk kita bisa selalu menerima manusia lain apa adanya, tapi pada akhirnya ketika diri kita lebih tenang dan nyaman, kita akan lebih mudah untuk menerimanya dengan legowo. Cintai dan fokuslah pada diri sendiri untuk membangun kekuatan dalam diri sehingga mampu menghadapi hal-hal yang tidak menyenangkan dalam hidup ini. Apakah hal-hal tidak menyenangkan akan tidak ada lagi dalam hidup kita? Baik dan buruk akan selalu ada, namun ketika kita melatih pikiran dan rasa kita, yang berubah adalah bagaimana cara kita memandang dan melihat hal-hal yang tidak menyenangkan tersebut. Dan kita akan lebih fokus pada bagaimana menjadikan pikiran dan rasa kita selalu positif dibandingkan fokus pada hal-hal yang tidak menyenangkan di sekeliling kita. Bertahap, dengan kita semakin positif kita akan menarik lebih banyak hal-hal positif dalam hidup kita dan tentunya perlahan hal-hal dan manusia tidak menyenangkan akan berkurang dari hadapan kita.


Selamat menjalani hari dan terus ber-proses ya...



99 views0 comments

Recent Posts

See All

©2020 by roemahbahagia