Search

Ketika Kita Belajar Mengerti Nafas...

Updated: Nov 10, 2020

Nafas adalah pemberian dari Sang Pencipta yang diberikan kepada setiap umat manusia untuk bisa melanjutkan kisah hidupnya. Begitu terbiasanya dengan keberadaan nafas yang kita miliki seakan kita menjadi lupa bahwa nafas itu bukan hanya sekedar nafas. Setiap tarikan dan hembusan nafas yang kita punya berguna untuk tubuh kita secara fisik dan mental.


Pertama yang paling mudah dimengerti tentunya adalah untuk membantu sistem pernafasan yang kita miliki, Oksigen membantu kita untuk terus bernafas dan karbondioksida dan H2O/Uap air kita keluarkan sebagai sisa dari sistem pencernaan dan pernafasan kita.


Oksigen yang kita hirup juga mampu membantu sistem peredaran darah di dalam tubuh kita, sel-sel darah yang kita punya akan mengalirkan nutrisi ke seluruh tubuh kita. Dan untuk menggerakkannya dibutuhkan Oksigen dari Nafas kita, Kebutuhan tubuh kita akan oksigen mencapai angka 90%. Jadi bayangkan ketika kita kekurangan oksigen, baik kita sadari ataupun tidak kita sadari.


Ketika kita seringkali mudah lupa, itu juga disebabkan dengan peredaran oksigen yang berkurang ke bagian otak kita. Oksigen yang masuk ke dalam otak kita akan membantu daya ingat dan meningkatkan kecerdasan yang kita miliki. Kebutuhan oksigen untuk otak kita membutuhkan 20% dari total oksigen yang dibutuhkan dalam tubuh kita.


Oksigen yang kita hadirkan lewat nafas kita pun mampu mencegah tumbuhnya sel sel kanker di dalam tubuh kita. Berdasarkan penelitian kanker atau sel tumor akan lebih mudah berkembang dalam kondisi kekurangan oksigen. Seandainya kita menyadari dalam satu hari kita biasanya bernafas sebanyak 17.000 kali, sayangnya kita seringkali lupa akan keajaiban ini.


Selain untuk kebutuhan fisik tubuh kita, peranan oksigen juga bisa membantu kita untuk menenangkan pikiran kita, mengapa demikian? karena dengan tubuh ini tidak kekurangan oksigen maka seluruh fungsi nya akan berjalan dengan semestinya sehingga membuat kita merasakan tenang. Dengan menyadari nafas kita maka kita akan lebih mengerti mengapa peranan oksigen itu sedemikian pentingnya untuk tubuh dan pikiran kita. Nafas memang suatu hal yang merupakan hal dari Sang Pencipta yang luar biasa...begitu kompleks proses bergabungnya oksigen dengan enzim, hormon dan sel dalam tubuh kita yang memberikan dampak positif untuk kesehatan kita.


Salah satu yang saya perhatikan adalah ketika di ruangan UGD, pasien yang dalam kondisi kurang baik pasti langsung diberikan bantuan oksigen agar kondisinya tidak semakin memburuk. Kalau melihat pentingnya oksigen bagi tubuh kita di atas tadi, tentunya akan sangat mudah dimengerti mengapa hal ini di ruangan UGD tersebut.


Dan karena hal-hal ini saya semakin menyadari akan pentingnya nafas yang benar dan dilakukan dengan sadar seutuhnya. Di setiap kelas Roemah Bahagia, melatih nafas adalah dasar untuk segalanya. Tak hanya untuk kesehatan fisik namun juga membantu kondisi emosional kita dengan menambahkan proses meditasi sehingga diri kita bisa lebih terkoneksi dengan diri kita sendiri yang sekian lama sibuk dan mungkin tidak terlalu peduli dengan keberadaan nafas dalam hari-hari kita...


Jangan pernah berhenti melakukan latihan pernafasan sederhana, 5-10 tarikan hembusan nafas mulai dari hidung - rongga dada - rongga perut. Pastikan ketika kita menarik nafas perut kita menggembung dan ketika kita menghembuskan nafas perut kita mengempis. Lakukan hal ini pagi dan malam sebelum tidur, akan membantu kita mampu menjalani hari dan beristirahat dengan lebih nyaman.


Terus ber-proses selalu ya...

Sampai bertemu lagi di tulisan berikutnya, jikalau ada yang ingin ditanyakan atau ada topik yang ingin dibahas boleh tulis di kolom komentar ya...


Matur suwun...





109 views0 comments

Recent Posts

See All

©2020 by roemahbahagia