Search

Kisah Klasik Ketika Kita Sakit



Selamat hari baik Sahabat Bahagia, Percayalah, setiap hari adalah hari yang baik, terlepas apapun cerita yang ada di dalamnya, semuanya dikembalikan lagi pada bagaimana kita melihat dan memaknainya…


Seringkali kita bingung, untuk menerima hal yang tidak sesuai dengan ekspektasi kita, mengapa hal ini terjadi pada hidup kita? bagaimana kita bisa melaluinya dengan baik? Tapi ketika kita sejenak hening dan kembali merenungi perjalanan hidup dari hari nol sampai dengan hari ini, bayangkanlah sudah berapa banyak pertempuran dan perjuangan yang sudah kita lalui dengan sangat baik?

Semuanya pernah terjadi, there is nothing new under the sun, yang baru hanyalah bagaimana kita bereaksi dan melihat apa yang terjadi pada hidup ini dari kacamata yang mungkin berubah dibandingkan kita yang sebelumnya, dua hari yang lalu, dua minggu yang lalu ataupun dua puluh tahun yang lalu...


Kisah Klasik ketika kita sakit, pun sesungguhnya adalah hal yang sama. Baik sakit secara fisik maupun secara emosional, semuanya terjadi dalam kisah yang sama.


Apakah sakit itu diberikan Sang Pencipta? Sang Pencipta begitu sayang pada kita, bayangkan bagaimana dia memberikan sebuah sistem yang luar biasa di organ tubuh kita dan segala fungsinya, namun dalam perjalanan hidup kita, kita yang mungkin tidak terlalu mengerti bagaimana tubuh ini bekerja dan bagaimana menghargai apa yang baik untuk tubuh dan pikiran kita. Dia membiarkan kita mempelajari tubuh ini melalui sakit yang kita rasakan, sehingga kita bisa lebih mengerti organ tubuh kita, fungsinya atau perasaan yang terjadi ketika sakit itu hadir.


Ketika kita belajar memahami mindfulness, kita akan lebih mampu memahami jika seluruh sakit yang ada dalam hidup ini, sesungguhnya, adalah akibat dari apa yang kita lakukan pada tubuh, pada pikiran dan hidup kita.


Apakah Ia ingin kita terus menerus sakit? Yang pasti, Ia ingin kita terus menerus berjuang dan lebih memahami untuk mensyukuri hidup ini dengan lebih baik setiap waktunya. Saat kita sakit kita akan lebih mampu mendengarkan tubuh ini, mensyukuri tubuh ini dan perlahan lahan lebih mampu mengontrol otak kita dan seluruh isi tubuh kita.


Selain itu, di saat itulah kita diberikan kesempatan untuk lebih dekat dengan-Nya, lebih berdialog, lebih berkomunikasi, karena Ia tidak pernah meninggalkan kita, Ia akan selalu ada dan tidak pernah, tidak akan membantu kita, yang harus kita lakukan adalah tetap setia, tetap berdialog dan selalu yakin akan jalan terbaik yang dipilihkan-Nya untuk kita.


Apakah kita berhak marah pada Nya ketika kita sakit? Jawabannya adalah wajar, sangat manusiawi ketika kadang kita marah pada Tuhan. Mengapa hal yang tidak menyenangkan ini terjadi. Namun, semoga kita selalu dimudahkan untuk selalu dekat dengan Nya dan belajar untuk berpikir, merasa dan berprilaku yang lebih bijak. Bawalah Kembali ingatan kita pada kedahsyatan bagaimana Ia menciptakan manusia dan alam semesta ini, semuanya luar biasa indahnya.


Dan ia pun memberikan manusia untuk memiliki power sebagai ciptaan yang Ia sayangi, sehingga terkadang banyak manusia lupa bahwa power itu lah yang merusak dirinya sendiri, dan seringkali pun merusak alam semesta. Power atau kekuatan yang dimiliki setiap manusia itu yang harus dijaga sedemikian rupa sehingga terus mengalir dengan baik dan nyaman, dan bukan menjadi sebuah kekuatan yang nantinya akan merusak manusia itu sendiri dan juga sekitarnya.


Apakah ada yang hilang ketika kita sakit? Tentunya ada sesuatu yang tidak mungkin lagi kita lakukan sama dengan sebelumnya, bisa dalam bentuk aktivitas, pendapatan, ataupun apapun itu. Ketika kita sakit kita harus belajar menerima untuk melambat sejenak, melambat dari segala yang awalnya berjalan begitu cepat.


Namun, yakinlah, di saat itulah tubuh dan pikiran kita sedang berusaha memperbaiki diri supaya lebih kuat, semesta sedang menyiapkan yang terbaik untuk kita di hari berikutnya dan ada banyak cerita menarik yang menanti kita. Kita hanya perlu melepaskannya sejenak untuk kemudian Kembali bergerak dan beraktivitas, jauh lebih cepat dan lebih baik daripada sebelumnya. Jadi, mari kita menata pikiran kita, bukan ada yang hilang Ketika sakit, tetapi ada hal besar yang memang harus dipersiapkan dengan lebih baik, sehingga jeda itu memang dibutuhkan…


Ini adalah beberapa kisah klasik yang selalu datang Ketika kita sakit. Bukan suatu hal yang aneh kita mengalami ini semua, pertanyaan itu datang dalam hidup kita padahal sakit bukanlah pertama kali dalam hidup ini, tapi memang kita sebagai manusia seringkali lupa dengan apa yang sebenarnya pernah terjadi dalam hidup kita. Dan di saat kisah klasik ini datang maka kita diberikan waktu untuk mulai mengenang, mengamati, mempelajari dan memulai sesuatu dengan jauh lebih mindful.


Dan Ketika kita dihadapkan pada kondisi dimana kita harus bersahabat dengan sakit, segeralah menarik nafas dalam dan lakukan-lah beberapa Latihan sederhana ini:

1. Bawalah kesadaran kita, kembalikanlah pikiran kita pada kondisi sakit yang pernah terjadi di masa sebelumnya. Sadarilah bahwa sakit yang terjadi saat ini pasti memiliki tujuan yang baik untuk kita. Perlahan temukanlah hal baik apakah yang harus kita temukan dalam kondisi sakit ini? Fokus dan teruslah berpikir ke arah ini. Bisa jadi kita sedang akan belajar mengenali tentang fungsi-fungsi organ tubuh kita dengan jauh lebih baik…


2. Selalu melatih nafas dengan fokus memberikan kekuatan pada oksigen untuk mengaktifkan sirkulasi darah menjadi lebih lancar, membuat seluruh fungsi organ tubuh menjadi lebih aktif dan mengaktifkan sel-sel di dalam tubuh kita untuk membantu kita sehat. Lakukanlah Latihan nafas yang biasa dilakukan di Selasa Malam, untuk membantu meningkatkan imun tubuh kita.


3. Gunakan telapak tangan kita untuk menyentuh bagian yang tidak nyaman, telapak tangan merupakan media yang baik untuk mengalirkan energi positif dari alam semesta dan juga dari dalam diri kita. Selain itu, dengan meletakkan telapak tangan kita di bagian tubuh yang tidak nyaman, kita belajar mendekatkan kiri kita dengan organ tubuh tersebut sehingga ia menjadi lebih mengerti bahwa kita begitu sayang dan peduli dengan tubuh kita yang sedang tidak sehat ini…


Terus semangat dalam perjalanan kita ya…terus berproses dan setiap kali Kisah Klasik Saat kita sakit ini hadir…selalu kembalikan awareness dan kedekatan kita pada bagian terdalam di dalam diri kita…tak ada yang tak mungkin…ketika kita percaya akan kekuatan Kasih yang tersedia di alam semesta baik lewat diri kita, manusia lain dan Sang Pencipta…

313 views0 comments

Recent Posts

See All