Search

Kamu Masih Suka Overthinking?



Overthinking seringkali menjadi permasalahan yang dihadapi sehari-hari oleh banyak manusia dalam kehidupannya...dan ia tidak mengenal siapa manusianya, tidak peduli status ekonomi dan sosial, single atau couple, sehat atau sakit, Overthinking seringkali hadir di waktu yang tak pernah bisa ditentukan...


  • Sadari hal yang pertama, sadarilah dengan penuh kesadaran bahwa Overthinking ini adalah sangat manusiawi. Kita sebagai manusia normal dan menjalani hidup dengan banyak dinamikanya, pasti sesekali mengalami hal ini. Dengan memiliki kesadaran ini maka kita akan lebih mampu berhenti menyalahkan kondisi ini.


Lalu bagaimana sih ceritanya sampai Overthinking itu terjadi?

  • Yang pertama harus kita sadari adalah bahwa pikiran kita itu terdiri dari kisah masa lalu kita, dimana tentunya banyak sekali yang pernah terjadi di dalam hidup ini. Suka atau tidak suka masa lalu menjadi bagian dari hidup kita. Pikiran kita akan mencoba membuka kotak pikiran masa lalu yang terjadi di alam bawah sadar kita sehingga seringkali kita menjadi Overthinking, terutama ketika ada hal yang serupa.

  • Yang kedua adalah begitu banyaknya kita membaca, melihat dan mendengarkan apa yang terjadi di sekeliling kita. Terutama di masa digital yang sangat mudah untuk mendapatkan informasi. Seringkali pikiran kita pun terinfluence oleh hal itu, pikiran kita menyerap informasi dan kemudian membuat kita terbawa dengan apa yang sebenarnya bukanlah bagian dari cerita hidup kita.

  • Yang ketiga adalah tentang masa depan, masa depan kalau kita telaah itu sama dengan segala sesuatu yang belum tentu terjadi. Di saat itulah kita harus menyadari, jikalau Overthinking itu terjadi dan komposisi masa depan nya itu lebih banyak, ada baiknya kita menyadari bahwa hal itu sama dengan kita memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi dan berhentilah menjadi Tuhan...ada kalanya ketika kita menerima ketidakberdayaan kita, disaat itulah Sang Pencipta hadir dengan Kuasa-Nya

Apa yang bisa kita lakukan ketika Overthinking itu hadir di dalam hidup kita?

  • Saran saya yang pertama adalah mengetahui dan menyadari ketika Overthinking itu terjadi, karena banyak manusia yang tidak menyadari hal ini terjadi dalam hidupnya. Overthinking menjadi salah satu bagian hidupnya yang akhirnya menjadi sebuah kebiasaan. Latihlah otak kita, dengan memberikan petunjuk ketika Overthinking itu terjadi. Misalnya berikanlah cubitan di bagian tangan atau menuliskan di buku atau memasang lagu yang mengingatkan kita pada Overthinking. Mengapa demikian? agar otak kita terlatih, ketika tanda tanda itu datang, itulah saatnya kita berhenti dan mulai melakukan aktivitas yang lainnya.

  • Yang kedua adalah jadikan dirimu Time Keeper, tentukan waktu yang kamu rasa wajar untuk berpikir terlalu banyak itu. Misalnya tentukan 10-15 menit ketika Overthinking itu hadir. Dan ketika waktunya habis, dengan kesadaran penuh kita bisa berhenti dan fokus pada saat sekarang ini. Latihan Time Keeper ini bisa membantu kita mengaktifkan sel otak kita untuk menjadi terbiasa untuk menyadari dan mengenali Overthinking period.

  • Yang ketiga yang bisa dilatih adalah Tanyakan pada diri saya sendiri ketika Overthinking itu terjadi, tanyakan pada diri kita, "Sekarang apa dampaknya untuk kita?" Sekarang di waktu ketika pikiran itu datang. Kebanyakan dari kita akan mampu menyadari bahwa ketika kita bertanya hal itu, kondisi kita di saat itu masih baik-baik saja. Jangan mempertanyakan apa yang akan terjadi di depan dan kembalikan fokusnya pada saat ini.

  • Yang keempat adalah dengan melakukan journaling, tuliskan dengan jelas apa saja yang kamu inginkan di dalam hidup ini dan tentukan juga proses yang membuat kamu nyaman untuk menyelesaikannya ketika ada satu masalah datang. Dengan melatih hal ini, kamu akan lebih mampu menghadapi ketidakpastian dengan lebih tenang, memang benar semuanya tidak bisa dikendalikan, tapi setidaknya kita lah yang bertanggung jawab dan bisa menata pikiran kita sendiri.

Adakah jenis meditasi yang bisa digunakan untuk mengatasi Overthinking?

  • Menurut saya cara paling mudah adalah dengan latihan sadar nafas seutuhnya, di saat itulah kita berusaha untuk kembali ke saat sekarang ini, saat dimana realita yang sesungguhnya terjadi dan bukan sesuatu yang tak pasti di masa mendatang. Untuk Sahabat Bahagia pasti sudah terbiasa dengan meditasi ini, untuk yang baru bergabung hadir saja di kelas Selasa Malam di kelas Sadar Nafas Seutuhnya, kelas gratis/donasi untuk siapapun yang ingin belajar.

  • Meditasi Letting Go juga bisa kita gunakan untuk kita bisa melepaskan Overthinking yang terjadi dalam keseharian kita. Kelas Letting Go biasanya akan selalu ada setiap bulan di Roemah Bahagia. Atau untuk yang belum bisa bergabung bisa mendengarkan secara gratis di Aplikasi Inspigo, Mindfulness Series with Adrie Basuki.

Sahabat semoga bermanfaat dan semoga membantu ya...

Terus berproses setiap waktunya dan jangan pernah patah semangat, proses dalam kehidupan kita akan terus terjadi setiap waktunya, karena dengan kesadaran penuh ketika kita berhenti belajar maka usai pula lah kisah hidup kita, jadi jangan berhenti berproses ya...


Sehat Pikiran, Damai Hati dan Tulus kata di setiap harinya...

Sampai bertemu di tulisan berikutnya, kalau ada yang mau menulis di blog ini pun dipersilahkan ya...


Salam,

Adrie Basuki