Search

#TanyaRoemahBahagia (WA Group 17.11.2020)

#TANYAROEMAHBAHAGIA

17.11.2020


Halo Mas Adrie

Mas Adrie aku mau tanya...

Kadang kalo meditasi.. Kita nggak bisa dapet suasana yang tenang Itu gimana mas?

Waktu meditasi itu ada minimal nya gak sih? Misal berapa menit kah?


Roemah Bahagia:

Ketika kita meditasi terkadang memang suka terjadi gangguan suara dari sekeliling kita yang mengganggu fokus pikiran kita. Jikalau sudah terbiasa nanti, kita akan tetap bisa fokus pada meditasi kita, tetapi di saat awal mencari bantuan tidak apa apa karena kita semua masih ber proses.

1. Ketika membuang nafas, keluarkan suara hembusan nafasnya dengan lebih besar sehingga lebih terdengar oleh telinga kita, setidaknya akan membantu kita untuk Kembali fokus pada nafas kita

2. Menggunakan lagu meditasi dengan earphone sehingga terbantu untuk tetap fokus pada meditasi kita. Lagu meditasi banyak tersedia di internet, atau bisa juga mendengarkan https://open.spotify.com/playlist/6PPCAeDfpXxOAerJMwVIOQ?si=0KQVLzH8RzSxiiXcju1nOw, spotify dari roemah Bahagia yang biasanya dipakai Ketika kita berlatih di kelas.


Waktu meditasi biasanya di awal bisa 5-10 menit, jangan dijadikan beban dalam melakukan ini supaya kita bisa menikmatinya. Jikalau waktu kita benar-benar sibuk, bisa dengan fokus Tarik-hembus nafas 5-10x setiap pagi pas bangun tidur dan Ketika kita mau tidur. Di pagi hari kita menyiapkan diri kita untuk bisa lebih fokus dan tidak reaktif terhadap apapun yang hadir dan di malam hari kita melepaskan energi negatif yang mungkin kita temui selama hari berlangsung.





Assalamualaikum wrwb....selamat malam Mas Adrie...saya kok masih kesulitan untuk mengatur nafas dalam meditasi ya mas...pikiran ga fokus gitu trus nafas kok kayak berasa pendek gitu ya...


Roemah Bahagia:

Tidak apa apa di proses awal memang mengatur nafas seringkali mengalami kesulitan karena tidak terbiasa, pelan-pelan dulu ikuti saja ritme yang paling nyaman untuk diri kita sendiri, yang paling penting kita menyadari dengan benar setiap tarikan dan hembusan nafas yang keluar dari hidung kita. Nanti perlahan diperpanjang sedikit demi sedikit, bisa dengan menarik nafas biasa dan menghembuskan nafasnya sedikit lebih panjang.


Ketika pikiran tidak fokus, di awalnya memang sering terjadi, jangan langsung merasa gagal, kembalikan fokus lagi ke nafas dengan bantuan membuang nafas melalui mulut menggunakan suara. Dinikmati dan dilakukan saja tanpa ada beban dan menikmati proses nya, perlahan pasti akan tiba.



Dear Mas Adrie, aku masih susah untuk merangkai kata2 selama meditasi, jd hanya pernafasan aj tanpa kata2 gitu, pengennya bisa spt Mas Adrie waktu pandu kita pas meditasi, jd bsa lbh fokus. Apakah ada cara atau panduan utk membuat kalimat selama meditasinya, Mas?


Malam Mas Adrie... Menyambung pertanyaan diatas... Apakah meditasi itu kita harus bisa menyetel pikiran kita. Dan memasukkan kata2, Untuk apa meditasi nya. Apakah healing apakah memaafkan dll... Atau cukup hanya aware dengan napas, aware dengan suara2 disekitar kita? Belajar untuk fokus pada nafas keluar masuk aja susah sekali.. Makasih Mas Adrie😁🙏


Roemah Bahagia:


Ketika kita melakukan meditasi awal melatih sadar nafas, yang paling utama adalah menyadari nafasnya, merasakan nafasnya dan mensyukuri nafasnya. Benar-benar fokus pada setiap tarikan dan hembusan nafas nya.


Ini beberapa guide yang bisa dipakai di meditasi sadar nafas:


Duduk dengan nyaman, sebisa mungkin badan dalam posisi tegak, mulai pejamkan mata. Jikalau kesulitan fokus bisa dibantu dengan musik.

Ketika mulai menarik dan menghembuskan nafas….

Rasakan setiap hembusan nafas yang masuk, rasakan udara yang masuk di dinding hidung kita, kemudian rasakan juga perut kita sedikit menggembung. Dan Ketika kita menghembuskan nafas, rasakan perut kita mengempis dan kita rasakan dengan sadar udara yang keluar di dinding hiudng kita atau dari mulut kita. Terus rasakan hal ini dengan perlahan dan rileks.


Kemudian bisa mulai melakukan fokus di setiap bagian tubuh kita, Ketika kita menarik nafas kita membawa masuk energi positif sehingga membuat bagian tubuh tersebut menjadi lebih rileks. Dan Ketika kita membuang nafas kita melepaskan segala hal negatif dari bagian tubuh tersebut.


Bisa dimulai dari bagian kepala, Pundak, dada, perut, tangan dan kaki

Dan Ketika sudah melakukan fokus ke setiap bagian tersebut bisa mulai merasakan rileks dan nyaman di seluruh tubuh kita. Lakukan ini dengan tenang dan perlahan.


Misalnya di tengah meditasi fokus kita buyar atau terganggu, tetap tenang dan ulangi saja Kembali dengan tenang. Semua nya proses yang hanya perlu dinikmati dan disyukuri. Suatu saat Ketika kita terus berlatih nafas pasti ak